Jumat, 16 Maret 2012

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan.

Konsep Jaringan
Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi (dokumen, data) dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama asal terhubung dengan jaringan komputer tersebut.
  
Macam - Macam Jaringan Komputer

LAN (Local Area Network)

Local Area Network merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer untuk sharing data maupun pemakaian printer/scanner bersama. 
LAN menggunakan kabel UTP biasa dapat beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik)

MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.

WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network mencakup daerah geografis yang luas, bahkan mencakup sebuah negara atau benua. Kecepatan dalam berbagi informasi pun tak perlu diragukan lagi.

Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia melalui saluran telepon ataupun modem yang membuat para pengguna dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi dengan IP sebagai alamatnya.
 

6 komentar: