Rabu, 04 Februari 2015

Cara Kerja Pengiriman Email

Dalam postingan saya kali ini, saya akan memaparkan cara kerja pengiriman email yang berupa proses-proses yang dilalui saat email dikirim. Sebagian besar orang mungkin belum tahu akan bagaimana sebenarnya email dapat dikirim dan diterima dalam beberapa detik saja. Oleh karena itu, mungkin hal yang akan saya sampaikan berikut mengenai cara kerja dari email tersebut akan bermanfaat.

Sebagai contoh, Mira akan mengirim email ke rekannya yang bernama Amir. Pada gambar dibawah ini, diperlihatkan urutan proses pengiriman emailnya yaitu sebagai berikut.

  1. Mira(mira@a.id) menulis e-mail-nya di komputer menggunakan perangkat lunak untuk menulis e-mail, seperti, Thunderbird atau Evolution. Pada kolom To: di masukan alamat tujuan e-mail dalam hal ini amir@b.id. Tombol “Send” di tekan untuk mengirimkan e-mail ke mesin SMTP Server milik ISP A yang bernama smtp.a.id.
  2. Setelah mesin smtp.a.id menerima e-mail dari Mira(mira@a.id) yang ditujukan kepada Amir (amir@b.id). Server smtp.a.id men-cek alamat e-mail tujuan (dalam hal ini amir@b.id). Mesin smtp.a.id membutuhkan informasi ke server mana e-mail untuk mesin b.id harus di tujukan. Untuk memperoleh informasi tersebut mesin smtp.a.id bertanya ke Name Server (NS) ns.b.id di Internet yang membawa informasi tentang domain b.id.
  3. Mesin Name Server ns.b.id memberitahukan mesin smtp.a.id, bahwa semua e-mail yang ditujukan kepada b.id harus dikirim kepada mesin smtp.b.id.
  4. Setelah memperoleh jawaban dari ns.b.id, bahwa e-mail harus dikirim ke mesin smtp.b.id, maka mesin smtp.a.id berusaha untuk menghubungi mesin smtp.b.id. Setelah mesin smtp.b.id berhasil di hubungi, mesin smtp.a.id akan mengirimkan teks e-mail dari Mira (mira@a.id) yang ditujukan kepada Amir (amir@b.id) ke mesin smtp.b.id.
  5. Amir (amir@b.id) yang sedang menjalan perangkat lunak pembaca e-mail di komputer-nya akan mengambil e-mail dari server smtp.b.id. E-mail dari Mira (mira@a.id) akan terambil dan dapat di baca secara lokal di komputer Amir (amir@b.id).
Seluruh proses pengiriman e-mail ini akan memakan waktu beberapa detik saja, termasuk untuk mencapai tujuan di belahan dunia Amerika atau Eropa. Tentunya cara di atas bukanlah satu-satunya, cara lain yang banyak digunakan untuk mengirimkan e-mail adalah menggunakan perantara Webmail. Prinsip kerja Webmail juga sama dengan apa yang di terangkan di atas, hanya saja perangkat lunak di sisi Mira berupa Web yang di akses melalui Internet.

Itu merupakan cara kerja pengiriman email yang mungkin sebagian besar dari kita belum mengetahuinya dengan pasti bagaimana suatu email dapat sampai begitu saja di kotak masuk kita. Semoga bermanfaat :D.

Terimakasih. Assalamualaikum. Peace to you.

Sumber :
http://rmawar.blogspot.com/2010/05/mengetahui-cara-kerja-proses-pengiriman.html
http://www.adipedia.com/mengetahui-cara-kerja-proses-pengiriman-email/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar